Kesenian Randai Tradisi Sumatra Barat

09.44
Randai adalah sebuah seni yang merupakan salah satu permainan tradisional di Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok dengan membuat lingkaran, dan langkah kaki perlahan, dan juga diiriingi dengan bercerita dalam nyanyian secara berganti-gantian. Randai adalah kolaborasi seni lagu,tari, musik, drama dan silat membentuk sebuah pertunjukan.








Cerita randai biasanya diambil melalui kisah kenyataan hidup atau sejarah yang ada di tengah masyarakat. Fungsi Randai sendiri adalah sebagai seni pertunjukan hiburan dan juga didalamnya juga disampaikan pesan dan nasihat. Semua gerakan randai dituntun oleh aba-aba yang dipimpin seorang di antaranya, dan disebut dengan janang.



Pada awalnya Randai adalah sarana untuk penyampaian cerita rakyat melalui gurindam atau syair dan didendangkan dan (tari) dan bersumber oleh gerakan-gerakan silat Minangkabau. Setelah sekian lama dalam perkembangannya, Randai mengadopsi gaya dan dialog dialong seperti dalam sandiwara.


Randai ini dimainkan oleh pemeran utama dan akan bertugas menyampaikan cerita, pemeran utama ini bisa berjumlah satu pemeran, dua orang, tiga pemain atau lebih tergantung oleh cerita akan dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain dan bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya acara tersebut.


Randai dalam sejarah Minangkabau memiliki sejarah awal dan lumayan panjang. Konon kabarnya randai sempat dimainkan oleh masyarakat Tanah Datar ketika mesyarakat tersebut menangkap rusa dan keluar dari laut.


Randai dalam masyarakat Minangkabau adalah suatu kesenian dan dimainkan oleh beberapa pemain dalam artian berkelompok atau beregu, dimana dalam Randai ini terdapat cerita cerita dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Randai memiliki tujuan bertujuan untuk menghibur masyarakat dan biasanya diadakan pada saat pesta rakyat atau pada hari raya Idul Fitri.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔